elraihany's garden..

this is my 'GARDEN' and a beautiful place to share my mind..^^

Tasks, KBK system, and Me ^^





Assalamu'alaikum..
selamat malam :)

Hmm baru bisa ngeblog lagi nih, setelah sekian lama vacum dari dunia 'perbloggeran' (hahaa maksa banget deh).. iyaa, baru-baru ini mood untuk blogging dateng lagi, yaa faktor utamanya sih karena ada tugas kampus yang harus di upload di blog. nah, jadi otomatis aku beresin blog aku dulu.. hehee ibarat tuan rumah nih yah yang bakal kedatengan tamu, yaa pasti si tuan rumah bakal ngerapihin, ngeberesin atau ngebenerin rumahnya dulu kan sebelum tamunya dateng..? malu kan kalo berantakan.. ^_^
tapi jujur, karena keasikan ngeblog, justru tugas yang harus diupload di blog ini belum aku kerjain.. deadline nya masih lumayan lama soalnya, masih mau ngerjain tugas yang deadline nya lebih deket dulu (ini serius pemirsa :D). tapi janji deh, abis tugas lain selesai, nanti langsung deh ngerjain tugas ini.. (^^v)

ngomong-ngomong soal tugas, jadi pengen cerita. di kampus kebetulan sistemnya udah KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) *apaan tuh? kok kaya anak sekolah sistemnya KBK segala?* eiitt sabar sabaarr, biar aku jelasin dulu.. aku lanjutin dulu yaa.. *kalem*.

jadi, kalo kata sarjanaku.com nih,

KBK itu merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performasi tertentu.

kaya gitu. hmm penjelasannya menurut aku sih gini, yang ditekankan di KBK itu kompetensi dari mahasiswa atau pelajarnya, atau dengan kata lain, yang TERPENTING di KBK itu bukan nilai, tapi sekali lagi "kompetensi". nah, karena yang terpenting itu kompetensi, bukan berarti nilai itu nggak penting loh. KBK juga berorientasi pada hasil (nilai) kok, tapi hasil yang berupa kompetensi, kemampuan, juga penguasaan, bukan sekedar yang berwujud angka atau abjad yang ngerepresentasiin itu semua. 

nah, di praktiknya KBK itu nggak ada yang namanya UTS (Ujian Tengah Semester) sama UAS (Ujian Akhir Semester). karena ngga ada UTS sama UAS, dialokasiinlah bobot penilaian untuk 2 ujian tadi ke tugas-tugas sama uji kompetensi. simplenya, UTS sama UAS ngga ada, diganti sama tugas-tugas (yang hampir tiap minggu dikasih) plus 4x uji kompetensi dalam satu semester. nah, kebayang kan gimana..?

jujur, aku pribadi ngerasa berat di sistem yang satu ini, karena hampir tiap hari begadang untuk ngerjain tugas yang kejar-kejaran (lebay :D, tapi beneran loh ^^v), kadang efek capeknya itu berasa banget. pernah juga sampe aku tidur meluk buku, saking pegelnya mataku baca buku-buku tebel itu (lebay lagi :D).. hmm tapi setelah difikir-fikir lagi, itu semua bagus kok buat kedepannya. apalagi buat yang mau skripsi, belajar buat ngehargain waktu banget-banget. jadi kalo boleh dibilang, istilahnya, di sistem ini tuh kita dibentuk, mental kita dibentuk, biar ngga terbiasa nunda-nunda tugas, yaa buat ngedisiplinin diri aja buat 'suatu hari nanti' :D aku yakin semua capek, semua peluh, semua usaha, kalo sungguh-sungguh ditambah doa, pasti semuanya kebayar kok nanti. Allah kan ngga tidur, iya kan..? (di 'Aamiin'kan aja :))

ngomongin soal sistem KBK nya udah, sekarang tinggal ngebahas gimana cara ngatur cara belajar di sistem KBK ini nih..
bukannya mau ngasih tips atau trik, atau semacamnya, cuma pengen share aja apa yang aku dan temen-temen lakuin untuk ngadepin sistem yang satu ini :D
aku share juga bukan berarti aku atau temen-temen udah sukses ngelewatin sistem ini loh, kita juga lagi nerapin ini.. yaa kalo sekiranya mau dicoba, let's try..! kalaupun ngga juga ndak papa :) 
oke, kayanya udah kebanyakan intro daritadi nih. langsung aja :D

cara pertama: Buku agenda/catatan Kecil/Buku Khusus
menurutku dan rekan-rekan seperjuanganku, ini yang minimal harus ada. ini juga yang kita praktekkin. buku agenda bisa ngebantu untuk mengingat tugas apa lagi yang harus dikerjain, atau ujian apa yang ada dalam waktu dekat ini. nggak harus buku agenda, catatan kecil atau buku khusus bisa juga kok untuk reminder. usahain buku agenda/catatan kecil/buku khusus itu yang nggak pernah ketinggalan atau yang selalu dibawa ke kampus/sekolah. jadi, pas dosen/guru ngasih tau kita suruh ngerjain tugas atau dikasih tau minggu depan ujian, kita bisa langsung catet dibuku-buku itu, otomatis kan bisa lebih prepare juga. dan lagi, dari catetan yang udah kita buat, kita punya arah buat ngerjain yang mana dulu.. kenapa harus buku khusus? sebenernya pake binder atau notebook sih sah-sah aja, tapi bukankah lebih enak kalo mau tau jadwal/deadline tugas itu dibuku yang memang isinya tugas/deadline itu? kalo di binder/notebook karena kecampur-campur sama materi kuliah khawatirnya lupa, ngga kebaca, tugas keteter, ujian ngga bisa.. :( (Na'udzubillah :|, jangan sampe yaa)

cara kedua: sediain waktu minimal 3-4 hari sebelum tugas dikumpul/ujian
ini cara yang lumayan efektif untuk sistem semacam KBK. oke, emang sih prinsip 'the power of kepepet' itu kadang lebih ampuh, tapi yaa yang namanya kepepet tetep aja kan kepepet? iyaa kalo kepepet nya punya power, kalo engga?? *uupss 
kalo kata sodaraku, "yang perlu kita rubah itu bukan keadaannya, tapi mindset kita.." yak juara banget deh :D gimana ngerubah mindsetnya? gini, mulai sekarang mari kita berlepas diri dari prinsip 'the power of kepepet' itu, dan kembali ke jalan yang benar (?????) kita harus set up ulang pola fikir kita, yang namanya persiapan itu ngga ada yang percuma, percaya deh. hasil yang didapet dari yang namanya persiapan sama yang didapet karena kepepet, bakal beda hasilnya (yaiyalaahh :| ). hasil yang pake persiapan dibanding hasil yang ngendelin prinsip diatas tadi itu jauh lebih baik hasil yang pake persiapan. karena kalaupun hasil yang pake persiapan itu tadi kurang maksimal, setidaknya dia ngga bener-bener nol mutlak gagalnya. dari situ kan dia tau mana yang harus dia benerin, dia juga tau gimana harus nyiasatinnya lagi. ini cuma gambaran untuk cara kedua. kenapa harus 3-4 hari..? ini cukup ideal menurut kita, karena ngga terlalu jauh, ngga terlalu deket juga sama waktu deadline. yaa walaupun pada dasarnya tetep, depend on situation ^^v
trus kalo dikasih tugasnya hari ini, dikumpulnya besok? yaa kalo begitu mah ga ada cara lain, yaa otomatis langsung dikerjain di hari itu juga, sekali lagi, tergantung situasinya :)

cara ketiga: buat kelompok belajar
ini juga bagus nih, bisa sharing-sharing kan? jadi ngga bosen belajar sendirian. yaa asal jangan keasikan aja. belajarnya 2 jam, serius belajar 15 menit, sisanya ngegosip atau ngomongin gadget baru (ini bahaya :( ). 


cara keempat: ???


hmm caranya baru tiga yaa..? nanti deh Insya Allah disambung lagi. udah malem, udah kebanyakan juga ini, nanti takut bosen yang baca hehee 
oke deh, udah dulu yaa..
malam..
Wassalamu'alaikum :) 

0 comments:

Posting Komentar


Cute Blue Flying Butterfly

kasih makan yuk ikannya ^_^


what time is it??

About Me

Foto Saya
Wulan Rahmadani
Assalamu'alaikum.. saya Wulan, perempuan berdarah Jawa kelahiran tahun 'sembilan dua'. Merupakan anak pertama dari 5 bersaudara dan mahasiswi Akuntansi di salah satu Universitas di Yogyakarta, yang Insya Allah 2014 nanti mengenakan toga (Aamiin).. hobi menulis, mencintai alam (tapi bukan anak mapala hehee), penyuka seafood, makanan pedas, dan bukan golongan penyuka kecap.. suka jalan-jalan, ingin terus belajar dan berbagi. yaa, belajar, berbagi, dan selanjutnya menyejarah melalui kata..!! ^^
Lihat profil lengkapku

anda pengunjung ke...

calendar..

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger Templates
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers